Selasa, 09 November 2010

Pengertian Blog

Ø PENGERTIAN BLOG

Blog adalah suatu web page atau homepage yang dikembangkan lebih lanjut melalui fasilitas database tertentu. Dengan demikian, pengguna atau pengelolanya dapat mengatur sajian halaman blog secara mudah dan cepat, tanpa konfigurasi atau perubahan web page secara keseluruhan.
Blog dapat dipahami sebagai sebuah tipe atau bentuk website yang biasanya disusun secara teratur dan kronologis, dengan susunan entri atau postingan paling baru pada pengaturan paling atas dari halaman pertama, dan selanjutnya berurutan ke entri atau posting sebelumnya. Blog terkadang ditulis atau di-update secara teratur. Sering kali sebuah blog ditulis dengan topik tertentu. Biasanya komunitas blog memiliki keterikatan yang kuat dan menjadikan blog sebagai tempat berinteraksi, berbagi saran dan ide, memperoleh teman, bahkan memperkenalkan bentuk usahanya kepada orang lain.
Menurut sejarah yang tercatat di dalam Wikipedia, istilah weblog diperkenalkan atau lebih tepatnya dipakai pertama kali oleh John Barger pada tahun 1997. Selanjutnya, istilah ini disempurnakan lagi oleh Peter Merholz di tahun 1999 yang menyebut istilah “we blog”menjadi “weblog”. Sekarang, weblog lebih dikenal dengan istilah yang lebih singkat, yaitu “blog”. Selanjutnya, istilah ini mengacu pada website diary online yang ditulis oleh siapa pun dan ditujukan secara terbuka untuk semua orang.
Dalam sejarahnya, salah satu pionir Weblog adalah Xanga yang pada tahun 1997 memiliki koleksi sekitar 100 weblog saja. Kemudian dalam perkembangannya, di tahun 2005 saja Xanga telah memiliki lebih dari 50 juta weblog yang terdaftar di tempatnya.

Ø KEGUNAAN BLOG

Blog adalah salah satu media yang penting dalam pertumbuhan penyebaran informasi di dunia , sebagian besar orang di dunia sudah bisa menggunakan internet untuk mencari informasi yang mereka inginkan, contohnya blog cara membuat blog ini berisi tenang masalah blogging dan kegunaanya, kegunaan blog sangat beragam mulai dari sekedar meningkatkan keahlian mengetik ataupun hanya sekedar hobi saja, tapi yang jelas blog memiliki kegunaan yang tidak bisa disepelekan. Dalam perkembangannya banyak sekali artikel yang terposting dan kenyataanya bisa membantu para pencari lewat search engine seperti google. Blog dengan desain yang baik pstinya dimiliki oleh para blogger yang memiliki kemampuan dalam merangkai bahasa mesin, namaun agak disayangkan karena kemampuan ini tidak banyak orang yang memilikinya.

Contoh beberapa orang yang memanfaatkan blog sebagai berikut :

A. Hanya sekedar hobi

Blog terkadang hanya sebagai hobi belaka, banyak sekali hobi di dunia ini seperti ber olahraga , mendaki dan lain sebagainya, namun dalam blog hobi ini adalah bisa menambah skill seseorang dalam hal mengetik ataupun dalam merangkai kata, melihat keadaan ini sepertinya saya tidak terlalu mahir untuk merangkai kata kata menjadi kalimat yang runtut dan mudah dimengerti.

B. Untuk mencari uang

Banyak sekali di internet yang mencari uang untuk kebutuhan sehari hari, blog dengan trafik dan pagerank tinggi tentunya akan bisa mudah mendapatkan uang secara online, setidaknya blog bisa menjadi alat untuk berjualan, baik itu barang ataupun jasa, dalam hal arang bisa dengan menjual hardware yang nantinya pembayaranya melalui transfer bank, sedangkan baang biasanya dikirim melalui TIKI.

C. Media informasi gratis

Apakah blog itu gratis? maka saya jawab bisa iya dan bisa juga tidak, karena blog itu tergantung sang pemiliknya dan untuk kebutuhan apa saja, nah untuk penysuaian kebutuhan blog yang memiliki kegunaan untuk menulis artikel saja maka saya sarankan untuk menggunakan blog gratisan saja, anda bisa mendaftar di blogger dot com dan wordpress dot com , kedua layanan itu gratis bagi para penggunanya, untuk yang berbayar biasa digunakan untuk jualan online karena dibutuhkannya bantuan script dan coding yang rumit.

Ø MANFAAT BLOG

Blog berasal dari kata web-log yang artinya catatan di web. Seperti asal katanya, blog mempunyai manfaat utama sebagai media untuk menyampaikan informasi. Baik yang sifatnya pribadi, misalnya catatan harian, ataupun bisa juga digunakan untuk promosi. Blog juga dapat digunakan untuk menarik minat. Tujuannya adalah menarik orang untuk menuliskan pengalamannya. Namun, penggunaan blog di Indonesia masih terbatas. Masih belum maksimal. Blog yang baik sebenarnya bisa menimbulkan inspirasi bagi pembacanya. Muatan tulisan yang baik tentu bisa memberikan efek baik pula. Contohnya adalah nasihat atau pengalaman berharga. Melalui blog, kita juga bisa menjaring network, terutama dengan orang-orang yang punya ketertarikan dan hobi yang sama. Dari situ kita bisa bertukar pengalaman dan informasi.


Apa yang bisa dilakukan di Blog:


1. Blog sebagai jurnal online yang berfungsi menampilkan pemberitaan informasi-informasi dengan topik tertentu seperti informasi produk, gadget dan lain-lainnya
2. Blog berfungsi sebagai website pribadi untuk tujuan membangun branding. Anda dapat membangun branding untuk diri anda sendiri dengan menggunakan blog, caranya Anda postingkan artikel-artikel sesuai dengan branding position diri Anda
3. Blog berfungsi sebagai diary online. Anda dapat menuliskan berita apa saja seputar diri Anda, baik kegiatan yang Anda lakukan, hasil pemikiran, sharing pendapat, dan lain2.
4. Blog berfungsi sebagai website komunitas dimana setiap orang bisa melakukan subscribe sebagai member dan mempostingkan artikel-artikelnya
5. Blog Berfungsi sebagai iklan baris dimana si pemasang iklan dapat melakukan subscribe pada blog dan mempostingkan iklannya
6. Blog berfungsi sebagai website yang menampilkan gambar-gambar, video-video dan lain-lainnya

Ø CARA MEMBUAT BLOG

Cara membuat blog itu sebenarnya mudah sekali, bahkan untuk pemula sekalipun. Berikut tata cara membuat blog :

· Hal yang pertama kita harus mempunyai email, baik yahoo atau gmail.

· Kemudian kita masuk ke web blog yang kita inginkan. Misalnya seperti blogger, wordspress, dan lain-lain.

· Setelah itu buatlah akun blog anda dan ikuti semua petunjuk yang di intruksikan sampai selesai.

· Setelah anda membuat akun, anda tinggal menulis apa yang anda inginkan di blog anda. Selamat mencoba.


sumber : www.setiawan21.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar