Senin, 04 Oktober 2010

Belajarlah dari Rayap


Anda tahu rayap ? Rayap adalah binatang kecil yang biasa memakan kayu. Rayap dikenal sebagai hama yang bisa merusak rumah kita, setidaknyabahan rumah kita yang terbuat dari kayu. Kekuatan rayap sungguh luar biasa, sebuah bangunan basar bisa hancur oleh binatang kecil ini. Namun bukan hanya itu saja kekuatannya. Selain memiliki kekuatan merusak, rayap pun memiliki kekuatan membangun.

Rayap memiliki kekuatan mambangun sarangnya lengkap dengan sistem Air Conditioning-nya plus tata ruang yang apik dengan ketinggian sampai 9 meter. Ini adalah pencapaian luar biasa sebab tubuh rayap sendiri hanya memiliki tinggi sekitar 3 mm saja. Artinya rayap mampu membangun tempat tinggalnya sampai 3.000 kaki tinggi badannya.

Sementara manusia, dengan berbagai peralatan dan bahan-bahan yang canggih, sampai belum mampu membangun bangunan dengan ketinggian sampai 1.000 kaki tinggi badannya. Sampai saat ini bangunan tertinggi yang sudah dibuat manuasia baru sampai ketinggian sekitar 1.000 meter saja.

Bagaimana rayap bisa membangun tempat tinggalnya begitu tinggi? Ada dua hikmah yang kita dapatkan dari rayap :

  1. Mereka bekerja sama dalam membangun sarangnya. Tubuh kecil dan lemah bisa diatasi dengan cara bekerja sama. Bekerja sama membuat mereka memiliki kekuatan yang dahsyat baik dalam menghancurkan atau-pun membangun.
  2. Mereka bakerja mengikuti insting, yang merupakan fitrah yang di berikan Allah kepada makhluk ini. Mereka tidak punya ilmu arsitektur. Mereka tidak memiliki ilmu dengan pengkondisian udara dan tata ruang. Mereka tidak pernah kuliah cara mengawetkan makanan. Mereka mampu, karena mereka hidup dalam fitrahnya.
Manusia yang seharusnya memiliki kemampuan yang jauh dahsyat bisa kehilangan kemampuan itu karena dua hal. Yang pertama, jika seorang sudah tidak mampu lagi bekerja sama dengan saudaranya. Kesombongan dan keangkuahan mereka menghalangi untuk bekerja sama sehingga hasil yang diperoleh tidak optimal. " Saya bisa, saya hebat, dan saya mampu. Buat apa bekerja sama?" orang yang berkata seperti ini adalah mereka yang kehilangan banyak potensi.

1 komentar: